PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GERBANG LOGIKA BERBASIS GAME EDUKASI

Muhammad Faizud Daroin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eko Marpanaji, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Teknologi memiliki peran penting dalam pendidikan, meningkatkan efisiensi masalah waktu, biaya, logistik dan
masalah kelembagaan lainnya. Teknologi video game berdampak pada pendidikan anak-anak, karena
kemampuannya untuk melibatkan anak-anak dalam pengalaman pembelajaran. Berdasarkan hal ini, dilakukan
penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran mengenai gerbang logika dengan menggunakan operasi
bitwise berupa permainan edukasi Binary Knight. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini
adalah Extreme Programming (XP). Penelitian ini menggunakan ISO 25010 untuk menguji kualitas perangkat
lunak yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: untuk pengujian ahli media, produk
memperoleh nilai 82% untuk functional suitability, 75% untuk functional appropriateness, 72% untuk usability,
80% untuk operability dan 77% untuk user interface aesthetics. Pengujian oleh ahli materi menghasilkan nilai
77% untuk effectiveness, 87% untuk functional suitability, dan 87% untuk learnability. Pengujian oleh pengguna
memberikan hasil 79% untuk satisfaction, 78% untuk usefulness, 79% untuk pleasure, dan 80% untuk usability.
Kata kunci: permainan, edukasi, gerbang logika, operasi bitwise

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v10i1.19106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.