PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERSEPSI TEKANAN ETIS, DAN MUATAN ETIKA DALAM PENGAJARAN AKUNTANSI TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI

Dwi Novitasari, Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Persepsi Etis mahasiswa, (2) pengaruh Persepsi Tekanan Etis terhadap Persepsi Etis mahasiswa, (3) pengaruh Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi terhadap Persepsi Etis mahasiswa, (4) pengaruh Kecerdasan Emosional, Persepsi Tekanan Etis, dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi terhadap Persepsi Etis mahasiswa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kecerdasan Emosional (X1), Persepsi Tekanan Etis (X2), dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi (X3), sedangkan variabel dependennya adalah Persepsi Etis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis yang digunakan meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian: (1) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi. (2) Persepsi Tekanan Etis berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi. (3) Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi. (4) Kecerdasan Emosional, Persepsi Tekanan Etis, dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi.

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Persepsi Tekanan Etis, Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.