PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, RELIGIUSITAS, DAN BRAND IMAGE TERHADAP INKLUSI KEUANGAN MOBILE BANKING SYARIAH

Ririn Budi Astuti, Universitas Negeri Yogyakarta
Ratna Candra Sari, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas, dan brand image terhadap inklusi keuangan mobile banking syariah. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Daerah Istimewa Yogyakarta yang pernah/sedang menggunakan mobile banking syariah. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dan convenience sampling menghasilkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap inklusi keuangan mobile banking syariah, sedangkan religiusitas dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap inklusi keuangan mobile banking syariah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.