ANALISIS PERAN AUDIT INVESTIGATIF TERHADAP PENDETEKSIAN FRAUD PADA LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus Babak Penyisihan Pada KBMK Tahun 2022)

Hanifah Lestari, Universitas Negeri Yogyakarta
Dhyah Setyorini, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikasi fraud yang terjadi pada salah satu lembaga pendidikan yaitu dalam kasus pembangunan ruang kelas baru di SMK 1 ABC. Analisis ini merupakan tindak lanjut atas kasus dalam babak penyisihan Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan tahun 2022 kategori Keuangan Audit Investigatif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis peran dan perencanaan prosedur audit investigatif dalam mendeteksi atas indikasi fraud pada lembaga pendidikan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Objek yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kasus babak penyisihan dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan Tahun 2022 kategori Keuangan Audit Investigatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini berupa dokumentasi dan studi literatur. Adapun data yang diperoleh pada penelitian ini berasal dari buku, jurnal, peraturan perundang-undangan, dan website yang kredibel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data atas pertanyaan penelitian, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kejanggalan dalam pembangunan ruang kelas baru SMK 1 ABC. Berdasarkan laporan pertanggungjawaban keuangan, dana yang dianggarkan untuk pembangunan ruang kelas baru telah habis terpakai namun pengerjaan fisik ruang kelas diperkirakan baru selesai sekitar 80%. Padahal dalam rancangan awal proyek proposal dana yang dianggarkan sudah meliputi desain bangunan, volume pekerjaan, dan rincian biaya yang dibutuhkan. Penulis menduga terdapat perbedaaan antara dana yang disusun dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan realisasi dana pada laporan pertanggungjawaban keuangan pada proyek tersebut. Oleh karena itu, penulis ingin melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kasus tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikasi fraud yang terjadi pada salah satu lembaga pendidikan yaitu dalam kasus pembangunan ruang kelas baru di SMK 1 ABC. Analisis ini merupakan tindak lanjut atas kasus dalam babak penyisihan Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan tahun 2022 kategori Keuangan Audit Investigatif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis peran dan perencanaan prosedur audit investigatif dalam mendeteksi atas indikasi fraud pada lembaga pendidikan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Objek yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kasus babak penyisihan dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan Tahun 2022 kategori Keuangan Audit Investigatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini berupa dokumentasi dan studi literatur. Adapun data yang diperoleh pada penelitian ini berasal dari buku, jurnal, peraturan perundang-undangan, dan website yang kredibel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data atas pertanyaan penelitian, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kejanggalan dalam pembangunan ruang kelas baru SMK 1 ABC. Berdasarkan laporan pertanggungjawaban keuangan, dana yang dianggarkan untuk pembangunan ruang kelas baru telah habis terpakai namun pengerjaan fisik ruang kelas diperkirakan baru selesai sekitar 80%. Padahal dalam rancangan awal proyek proposal dana yang dianggarkan sudah meliputi desain bangunan, volume pekerjaan, dan rincian biaya yang dibutuhkan. Penulis menduga terdapat perbedaaan antara dana yang disusun dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan realisasi dana pada laporan pertanggungjawaban keuangan pada proyek tersebut. Oleh karena itu, penulis ingin melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kasus tersebut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.