PENGARUH PENGETAHUAN AUTOMATIC EXCHANGE OF INFORMATION (AEoI), PENGETAHUAN PAJAK, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA UMKM SEKTOR KULINER DI KABUPATEN SLEMAN

Ahmed Hebron Alin Munaya, , Indonesia
Amanita Novi Yushita, , Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh pengetahuan AEoI terhadap kepatuhan WPOP pada UMKM sektor kuliner di Kabupaten Sleman, 2) Pengaruh pengetahuan pajak terhadap kepatuhan WPOP pada UMKM sektor kuliner di Kabupaten Sleman, 3) Pengaruh sanksi pajak terhadap kepatuhan WPOP pada UMKM sektor kuliner di Kabupaten Sleman.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian yang bersifat asosiatif kausal dengan pendekatan analisis menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM sektor kuliner yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang disebarkan secara online dan offline. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, regresi linier berganda, dan hipotesis dengan uji t dan uji F.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pengetahuan Automatic Exchange of Information (AEoI) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada UMKM sektor kuliner di Kabupaten Sleman, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,273>0,05 (2) Pengetahuan pajak berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada UMKM sektor kuliner di Kabupaten Sleman., ditunjukkan dengan nilai sifnifikansi 0,001<0,05 (3) Sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada UMKM sektor kuliner di Kabupaten Sleman, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 (4) Pengetahuan AEoI, Pengetahuan Pajak, dan Sanksi Pajak berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap variabel dependen Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada UMKM sektor kuliner di Kabupaten Sleman, ditujukan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. 

Kata kunci: AEoI, pajak, kepatuhan WPOP,UMKM

 

Abstract: This study aims to determine: 1) The effect of Automatic Exchange of Information (AEoI) knowledge to taxpayer’s compliance, 2) The effect of tax knowledge to taxpayer’s compliance, 3) The effect of tax sanctions to taxpayer’s compliance at UMKM culinary sector at Sleman Regency.

This research use the form of a causal associative with approach using quantitative methods. Population in this research was UMKM  culinary sector individual taxpayer’s which are registered at Department of Cooperatives Small and Medium Enterprises (UMKM) in Sleman Regency. Sampling used technique quota sampling and involved 1oo respondents. Data collection techniques used questionnaires. Which was distributed online dan offline. The data were analyzed by using the prerequisite test, multiple liniear regression, and the hypothesis by using the R test and F test.

The results of this research showed that: (1) Knowledge of Automatic Exchange of Information (AEoI) has a negative and insignificant effect on tax compliance of taxpayer’s person at UMKM culinary sector at Sleman Regency, indicated by a sig value of 0,273>0,05 (2) Tax Knowledge has a positive and significant effect on tax compliance of taxpayer’s person at UMKM culinary sector at Sleman Regency, indicated by a sig value of 0,001<0,05 (3) Tax Sanction has a positive and significant effect on tax compliance of taxpayer’s person at UMKM culinary sector at Sleman Regency, indicated by a sig value of 0,000<0,05 (4) Knowledge of Automatic Exchange of Information (AEoI), Tax Knowledge and Tax Sanction have a positive and significant simultaneously impact on Taxpayer Compliance, indicated by a sig value of 0,000<0,05.

 

Keywords:  AEoI, tax, taxpayer’s person, UMKM



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.