Peningkatan Minat Membaca Anak Menggunakan Metode Read Aloud di Rumah Baca Gang Masjid Jombang

Meida Rahma Anindita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak di Rumah Baca Gang Masjid melalui metode read aloudPeneliti menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan cara pencermatan terhadap kegiatanbelajar, dengan jumlah 15 anak. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca anak di Rumah Baca Gang Masjid dapat meningkat setelah diterapkannya metode pembelajaran Read Aloud dengan menceritakan buku cerita dengan keras dan cara yang mendayu-dayu di depan anak agar anak dapat tertarik dan seksama mendengarkancerita. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata dari pertemuan pertama di siklus I sampai pertemuanketiga di siklus II. Dari hasil pengolahan data skor tetinggi pertemuan pertama sampai ketiga diperoleh rata-rata 51,1%, dan hasil pengolahan data siklus II dari pertemuan pertama sampai ketiga memperoleh rata-rata 91,3%. Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah <75% peningkatan yang memenuhi kriteria indicator keberhasilan. Proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan metode read aloud dengan media buku cerita dilaksanakan dengganmengunakan tahapan-tahapan antara lain : mengenalkan buku kepada anak, menjelaskan kegiatan yang akan dilakukanpada hari itu dengan bahasa santai agar situasi tidak menegangkan, mengajak anak-anak untuk bercakap-cakap dengan memberi beberapa pertanyaa tentang buku yang akan di bacakan, dalam proses pembelajaran pendidik juga memberikanmotivasi berupa ungkapan penyemangat, penanaman sikap yang baik dan pujian.

Keywords


peningkatan, minat baca, read aloud, rumah baca

Full Text:

PDF

References


Abdul Hadis. (2006). Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Anna Yulia. (2005). Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Aizid,Rizem. 2011. Tips Ampuh Menyiapkan Anak Gemar Membaca Sejak Dalam Kndungan Sampai Masa Pengasuhan. Yogyakarta: Diva Pers.

Bafadal, Ibrahim. 2006. Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah, Jakarta: PT Grasindo, 2004.

Dhaif, Husain. 1990. Reading Aloud for Comprehension: A neglacte teaching aid. Online: (nflrc.ll.hawaii.edu/rfl/pastlssues/rfl/pastlssue)

Dirjen PAUDNI. (2013). Taman Bacaan Masyarakat Rintisan Petunjuk Teknis Pengajuan,Penyaluran dan Pengelolaan Bantuan. Jakarta: Kemendikbud.

Dirjen PAUDNI (2014). Penguatan Taman Bacaan Masyarakat dan Tata cara Memperoleh Dana Bantuan Program. Jakarta: Kemendikbud.

Dirjen Pendidikan Luar Sekolah. (2006). Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Kemendikbud.

Djali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dwi Sunar Prasetyono. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Think.

Hayati, N., & Suryono, Y. (2015). Evaluasi keberhasilan program taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 175 - 191. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6355

Hisyam, Zaini. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Joesoef, Soelaiman. (2006). Konsep dasar pendidikan luar sekolah. Jakarta: Bumi aksara.

Kohart, Jennifer M & Larwin, Keren H. 2014. The Potential Impact Of Structured Read- Aloud On Middle School Reading Achievement. Dapat diakses (https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1091692.pdf).

Koraleki, Derry. 2001. Reading Aloud with Children of All Ages. Online. (www.naeyc.org/files/yc/file/200303/ReadingAlo ud.pdf).

M. Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan, akarta: PT. Rineka Cipta.

Muhsin Kalida. (2012). Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Aswajadan Cakruk Publising.

Rini Hildayani. (2005). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

R. Masri Sareb Putra. (2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Rochiyati Wiriatmadja. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Subini, Nini.2011.Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Jogjakarta: Javalitera.

Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan: Suau pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor- faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka.

Sutarno N.S. 2006. Manajemen Perpustakaan. Jakarta. CV Sagung Seto.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v5i3.22749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia