Pelaksanaan Pelatihan Tata Busana di PKBM Mandiri Kretek Bantul

Nindi Ariyanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pelatihan tata busana bagi para ibu rumah tangga anggota PKH di PKBM Mandiri Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu peserta pelatihan program tata busana, instruktur, serta pendamping program pelatihan. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melaui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelatihan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan bersama antara peserta pelatihan dan instruktur setiap hari Senin-Jum’at dengan waktu pelaksanaan pukul 09.00-11.00 atau 14.00-16.00. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek. Materi yang diberikan PKBM Mandiri adalah pengenalan alat dan bahan, pembuatan pola, dan menjahit dengan mesin. Instruktur pelatihan tata busana memiliki background pendidikan yang selinear dengan program pelatihan.


Keywords


Pelaksanaan Pelatihan, Tata Busana, Menjahit, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80.

Finola, O., Irja, D., & Maemunaty, T. (2017). The Study of Organization PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) in the City Dumai. Jomfkip, 4(1), 1–10. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMF KIP/article/view/13365

Fitri, F. (2021). Pelatihan Menjahit Dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Perempuan Di Pusat Kegiatan Belajar Masayarakat (Pkbm) Tiara Dezzy Samarinda. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 11(2), 27. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v11i2.2320 5

Monika, D. R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nanie Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 24–28. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.p hp/ls/article/view/256

Supsiloani. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembangunan Bidang Pendidikan Nonformal. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(1), 20–30.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v5i2.21852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia