Program Bina Keluarga Lansia dalam Mempersiapkan Lanjut Usia Memasuki Usia Lanjut di Dusun Kromodangsan, Desa Lumbungrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman

Agung Widodo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam mempersiapkan Lanjut Usia (Lansia) memasuki Usia Lanjut. Pendukung dan penghambat dalam Program Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam mempersiapkan Lanjut Usia (Lansia) memasuki Usia Lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengurus, kader, serta anggota BKL “Anyelir”. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data sumber. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam Mempersiapkan Lansia (Lanjut Usia) Memasuki Usia Lanjut meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Faktor pendukung dalam program adalah adanya dukungan tokoh masyarakat, kelembagaan mulai dari tingkat desa hingga kecamatan, sumber dana yang mencukupi untuk pelaksanaan program, dan adanya motivasi serta gotongroyong antar anggota. Faktor penghambat program yaitu kurangnya partisipasi dan kesadaran angota dalam mengikuti program, serta minimnya sarana dan prasarana.

Keywords


Bina Keluarga Lansia, Lansia, Program

Full Text:

PDF

References


Argyo Demartoto. (2007). Pelayanan Sosial Non Panti Bagi Lansia (Suatu Kajian Sosiologis). Surakarta: UNS Press dan LPP UNS

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Lovelock, H. Cristopher, 1992. Managing Service : Marketing Operation and Humans Resources, New Jersey, Prentice Hall International, Inc.

Rita Eka Izzaty dkk. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Tohani, E., & Wibawa, L. (2019). The Role of Social Capital in Disaster Management of Disaster Vulnerable Village Community on The Merapi Eruption. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2).

Wibawa, Lutfi, and Eko Budi Prasetyo. "Pengembangan Media Audio Visual Panduan Praktis Pola Hidup Sehat bagi Lansia." Jurnal Penelitian Humaniora 19.2 (2014).

Wibawa, Lutfi, and Hiryanto Hiryanto. "Identification of Local Wisdom Values in the village Bejiharjo for youth education Conflict Resolution." 1st Yogyakarta International Conference on Educational Management/ Administration and Pedagogy (YICEMAP 2017). Atlantis Press, 2017.

Wibawa, Lutfi. "Identification of Learning Needs of Youth: The case study at the Tourism Village Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul." 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017). Atlantis Press, 2017.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i3.19777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia