Identifikasi Disiplin Anak Usia Dini di Sekolah Citaloka Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta

Muhamad Rizal Syuhada, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kedisiplinan anak usia dini di Sekolah Citaloka kelurahan Giwangan kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Kedisiplinan yang muncul dari anak datang ke sekolah sampai anak pulang sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Pembiasaan kedisiplinan dilakukan dalam kegiatan anak-anak sehari- hari baik di dalam kegiatan pembelajaran dan diluar kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan anak usia dini di Sekolah Citaloka dibagi menjadi dua garis besar, yaitu kedisiplinan diluar kegiatan pembelajaran dan kedisiplinan didalam kegiatan pembelajaran. Kedisiplinan diluar kegiatan pembelajaran antara lain : datang tepat waktu, berbaris saat masuk kelas,meletakkan sepatu di rak, membuang sampah pada tempatnya dan antri saat pulang. Sedangkan kedisiplinan didalam kegiatan pembelajaran antara lain : bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, merapikan mainan dan tempat duduk setelah kegiatan, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan.

Keywords


Kedisiplinan, Anak Usia Dini, Sekolah Citaloka

Full Text:

PDF

References


Conry R Semiawan. (2008). Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks.

Coyle, J. (2004). Mendidik anak menjadi pemenang. Jakarta: Pustaka Tangga.

Damayanti, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Lickona, T. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Maria J wantah. (2005). Pengembangan disiplin dan pembentukan moral pada anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Rusdinal dan Elizar. (2005). Pengelolaan Kelas Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Samarni, M. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Singgih D Gunarsa dan Yulia. (2006). Paikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, N. A. (2010). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Woolfson R.C. (2005). Mengapa anakku begitu? Jilid 1: Panduan praktis menuju pola asuh positif. Jakarta: Erlangga.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakte. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i2.19463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia