Kebutuhan Program Eduwisata Taman Bacaan Masyarakat

Lusi Febriarti Puspitasari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Entoh Tohani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kebutuhan program eduwisata TBM Teras Baca Guyub Rukun dan diperoleh rencana program pendidikan pokdarwis berbasis eduwisata TBM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pengelola TBM, tutor, masyarakat, dan ahli. Setting dalam penelitian adalah aktivitas TBM. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data didukung oleh triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kebutuhan program eduwisata TBM berupa pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdawis). (2) diperoleh rencana program pendidikan pokdarwis berbasis eduwisata yang terdiri dari (a) input (b) proses (c) output, dan (d) outcome. Oleh karenanya, perlu ada tindakan pemberdayaan TBM dari hasil penelitian yang telah dilakukan terutama program pendidikan pokdarwis berbasis eduwisata.

Keywords


Kebutuhan, program, eduwisata, TBM

Full Text:

PDF

References


Hermawan, Hary. (2017). Wisata Edukasi Kampung Tulip. Bandung: STP ARS Internasional dan AKPAR BSI.

Kalida, Muhsin. (2012). Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kaufman, Roger A & Fenwick W. English. (1979). Needs Asssessment Concept and Application. New Jersey: Publications, Inc., Englewood Cliffs.

Rangkuti, Freddy. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Statistik Kepariwisataan. (2015). D.I.Yogyakarta Indonesia: Dinas

Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved from http://visitingjogja.web.id/assets/uploads/files/bank_data/Buku_Statistik_K epariwisataan_DIY_2015_050920160 40516.pdf

Sudjana. (2001). Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.

Sudjana. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo, S., Samsi, I., & Wibawa, L. (2017). Desain model wisata belajar di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta sebagai laboratorium luar kampus. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 90-100.doi:https://doi.org/10.21831/jppm.v4i 1.12535.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i2.19461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia