Partisipasi Lansia dalam Program Posyandu Lansia Wreda Sumbaga Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Dadi. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Ejournal Unisba Mediator, Vol. 9, 310.
Aminah, S., & Prasetyo, I. (2018). Partisipasi masyarakat dalam pengembangan organisasi wahana kesejahteraan masyarakat (WKSBM). JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 5 (1), 61-73. doi: http://dx.doi.org/10.21831/jpp m.v5i1.17531
Bandiyah, S. (2009). Lanjut Usia dan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Nuha Medika.
Chonody, J.M. & Teater, B. (2018). Social Work Practice With Older Adult an Actively Aging Framework for Practice. United State of America: SAGE Publications, Inc.
Demartoto A. (2007). Pelayanan Sosial Non Panti Bagi Lansia Suatu Kajian Sosiologis. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan Dan Pencetakan UNS (UNS Press).
Dwiningrum, S.I.A. (2015). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fuad, N. (2014). Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta: PT Raja Gafindo.Journal, 100(3), 183-212. doi: 10.2307/1002151
Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, I. (2015). Pendidikan Sepanjang Hayat. Univesitas Negeri Malang
Hamdi, M. (2014). Kebijakan Publik Proses, Analisis, dan Partisipasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2016). Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program-program pusat kegiatan belajar masyarakat Ngudi Kapinteran. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 97-108. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v 3i1.8111
Hidayat A.A.A. & Uliyah M. (2014). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.
Imaginario, C., Rocha, M., Machado, P., et al. (2018). Self-care Profiles of the Elderly Institutionalized in Elderly Care Centres. Archives of Gerontology and Geriatrics journal. Vol. 78, 89-95.
Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif Aplikasi Untuk Penelitian Pendidikan, Hokum, Ekonomi & Manajemen, Sosial dan Humaniora, Politik, Agama, dan Filsafat. Jakarta: GP Press.
Izzaty, R.E., Suardiman, S.P., Purwandari, Y.A., et al. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Jarvis, P. (2010). Adult Education and Lifelong Leraning Theory and Practice. London: Roudledge Taylor and Francis Group.
Kemenkes RI. (Semester I, 2013). Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan.
Kemensos RI. (2004). Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2004, tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia.
Kemenkes RI. (2014). Situasi dan Analisis Lanjut Usia, Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI, 2-6.
Kemensos RI. (1998). Undang-undang Nomor 13 tahun 1998, tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.
Laporan Verifikasi Rumah Tangga Sasaran Nologaten Tahun 2014. Tim Penanggulangan Kemiskinan Dusun Nologaten.
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. United States of America: SAGE Publications, Inc.
Muda, M.H., Hariyanto, T., Ardiyani VM. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Lansia dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang. Nursing News, Vol. 2, 105-109.
Pertiwi, H.W. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Frekuensi Kehadiran Lanjut Usia di Posyandu Lansia. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 4, 1-13.
Peta Wilayah Dusun Nologaten. Diakses dari http://www.googlemaps.com pada tanggal 1 September 2018.
Putra, I.R. (2014). Jumlah penduduk lansia di Yogyakarta tertinggi di Indonesia. Diambil 12 Maret 2018 dari Merdeka.com.
Rainer, S. (2014). Social Participation And Social Engagement Of Elderly People. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 116, 780-785.
Saputri, C.D.O. (2017). Peran Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam Meningkatkan Kesehatan Lansia Melalui Kegiatan Taman Pendidikan Lansia (TPL) di RW 11 Kepuh Kelurahan Klitren Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Sholichati, Z. (2017). Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Sosial Bagi Lanjut Usia di Dusun Bulak, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Suardiman, S.P. (2011). Psikologi Usia Lanjut. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suseno, EM. (2016). Hubungan Antara Persepsi Kegiatan Posyandu Lansia dan Keluhan Fisik Terhadap Keaktifan Lansia dalam Mengikuti Posyandu Lansia di Desa Lengking Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Naskah Publikasi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sutisna, N. (2011). Peran Pendidikan Sepanjang Hayat bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal SAfJl_Anakku, Vol. 10, 206-211.
http://www.bps.go.id. Diakses pada April 2018
http://www.kependudukan.jogjaprov.go.id. Diakses pada April 2018.
DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i3.19313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia