Partisipasi Lansia dalam Program Posyandu Lansia Wreda Sumbaga Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman

Siti Nur Mufidah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeksripsikan mengenai partisipasi lansia dalam program Posyandu Lansia Wreda Sumbaga; (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat partisipasi lansia; dan (3) Mengetahui upaya yang dilakukan oleh pengelola Posyandu Lansia Wreda Sumbaga dalam meningkatkan partisipasi lansia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu: lasia, keluarga lansia, pengurus dan kader Posyandu Lansia Wreda Sumbaga, tokoh masyarakat Dusun Nologaten. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, displai data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian: (1) Partisipasi lansia didasari alasan karena lansia merasa dihargai keberadaannya, mempunyai tempat untuk mengekspresikan diri, dan program bermanfaat. Bentuk partisipasi fisik lansia di antaranya: hadir dalam setiap pertemuan dan aktif mengisi iuran. Bentuk partisipasi nonfisik di antaranya: datang tepat waktu, ikut berpendapat, dan sikap menghargai. (2) Faktor pendukung partisipasi: adanya donator tetap, pelayanan yang baik dari kader/pengurus, program menarik dan bermanfaat, semangat dan kemandirian dari peserta dan kader. Faktor penghambat partisipasi: malas, sakit, lupa, dan adanya kesibukan lain. (3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi lansia yaitu: diadakan game ringan, kuis yang berhadiah doorprize, dan tukar kado silang. Semua pihak yang terlibat termasuk lansia merespon baik dan mendukung upaya tersebut.

Keywords


partisipasi, lanjut usia (lansia), dan posyandu lansia

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Dadi. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Ejournal Unisba Mediator, Vol. 9, 310.

Aminah, S., & Prasetyo, I. (2018). Partisipasi masyarakat dalam pengembangan organisasi wahana kesejahteraan masyarakat (WKSBM). JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 5 (1), 61-73. doi: http://dx.doi.org/10.21831/jpp m.v5i1.17531

Bandiyah, S. (2009). Lanjut Usia dan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Nuha Medika.

Chonody, J.M. & Teater, B. (2018). Social Work Practice With Older Adult an Actively Aging Framework for Practice. United State of America: SAGE Publications, Inc.

Demartoto A. (2007). Pelayanan Sosial Non Panti Bagi Lansia Suatu Kajian Sosiologis. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan Dan Pencetakan UNS (UNS Press).

Dwiningrum, S.I.A. (2015). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fuad, N. (2014). Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta: PT Raja Gafindo.Journal, 100(3), 183-212. doi: 10.2307/1002151

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, I. (2015). Pendidikan Sepanjang Hayat. Univesitas Negeri Malang

Hamdi, M. (2014). Kebijakan Publik Proses, Analisis, dan Partisipasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2016). Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program-program pusat kegiatan belajar masyarakat Ngudi Kapinteran. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 97-108. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v 3i1.8111

Hidayat A.A.A. & Uliyah M. (2014). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.

Imaginario, C., Rocha, M., Machado, P., et al. (2018). Self-care Profiles of the Elderly Institutionalized in Elderly Care Centres. Archives of Gerontology and Geriatrics journal. Vol. 78, 89-95.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif Aplikasi Untuk Penelitian Pendidikan, Hokum, Ekonomi & Manajemen, Sosial dan Humaniora, Politik, Agama, dan Filsafat. Jakarta: GP Press.

Izzaty, R.E., Suardiman, S.P., Purwandari, Y.A., et al. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Jarvis, P. (2010). Adult Education and Lifelong Leraning Theory and Practice. London: Roudledge Taylor and Francis Group.

Kemenkes RI. (Semester I, 2013). Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan.

Kemensos RI. (2004). Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2004, tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia.

Kemenkes RI. (2014). Situasi dan Analisis Lanjut Usia, Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI, 2-6.

Kemensos RI. (1998). Undang-undang Nomor 13 tahun 1998, tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.

Laporan Verifikasi Rumah Tangga Sasaran Nologaten Tahun 2014. Tim Penanggulangan Kemiskinan Dusun Nologaten.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. United States of America: SAGE Publications, Inc.

Muda, M.H., Hariyanto, T., Ardiyani VM. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Lansia dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang. Nursing News, Vol. 2, 105-109.

Pertiwi, H.W. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Frekuensi Kehadiran Lanjut Usia di Posyandu Lansia. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 4, 1-13.

Peta Wilayah Dusun Nologaten. Diakses dari http://www.googlemaps.com pada tanggal 1 September 2018.

Putra, I.R. (2014). Jumlah penduduk lansia di Yogyakarta tertinggi di Indonesia. Diambil 12 Maret 2018 dari Merdeka.com.

Rainer, S. (2014). Social Participation And Social Engagement Of Elderly People. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 116, 780-785.

Saputri, C.D.O. (2017). Peran Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam Meningkatkan Kesehatan Lansia Melalui Kegiatan Taman Pendidikan Lansia (TPL) di RW 11 Kepuh Kelurahan Klitren Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Sholichati, Z. (2017). Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Sosial Bagi Lanjut Usia di Dusun Bulak, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Suardiman, S.P. (2011). Psikologi Usia Lanjut. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suseno, EM. (2016). Hubungan Antara Persepsi Kegiatan Posyandu Lansia dan Keluhan Fisik Terhadap Keaktifan Lansia dalam Mengikuti Posyandu Lansia di Desa Lengking Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Naskah Publikasi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sutisna, N. (2011). Peran Pendidikan Sepanjang Hayat bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal SAfJl_Anakku, Vol. 10, 206-211.

http://www.bps.go.id. Diakses pada April 2018

http://www.kependudukan.jogjaprov.go.id. Diakses pada April 2018.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i3.19313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia