Partisipasi Orangtua dalam Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas X di SPNF SKB Wonogiri

Sulis Setyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi mengenai bentuk partisipasi orangtua dalam penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan paket C kelas X di SPNF SKB Wonogiri, (2) mengetahui faktor penghambat partisipasi orangtua, dan (3) mengetahui faktor pendukung partisipasi orangtua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah orangtua peserta didik yang mengikuti program pendidikan kesetaraan paket C kelas X dan pengelola program pendidikan kesetaraan SPNF SKB Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif dengan langkah-langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat partisipasi orangtua dalam bentuk partisipasi materi, partisipasi ide/gagasan, partisipasi tenaga dan partisipasi moril; (2) faktor penghambat partisipasi meliputi kondisi ekonomi, jarak, kurangnya komunikasi dan informasi yang diperoleh; (3) faktor pendukung partisipasi meliputi adanya kesadaran internal, kemauan keras peserta didik, tuntutan lapangan pekerjaan, succes story, sikap terbuka dari pengelola dan kepercayaan orangtua kepada pengelola.

Keywords


Partisipasi Orangtua, Pendidikan Kesetaraan, Program Paket C

Full Text:

PDF

References


Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Gramedia.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Lestari, A.D. (2017). Partisipasi Orangtua dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Anak di SMP Negeri 2

Pracimantoro. Skripsi, tidak

dipublikasikan. Universitas Negeri

Yogyakarta.

Marzuki, S. (2012). Pendidikan Non formal: Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Raharja, S. (2011). Partisipasi Orangtua dalam Manajemen Sekolah: Suatu Perspektif Pendekatan Multikulturan. Dalam Jurnal Manajemen Pedidikan, No. 01/Th VII/April/2011. Diambil pada tanggal 25 Februari 2019, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/4088/3541

Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini: Survei pada Kelompok Bermain di Kota Yogyakarta. Dalam Jurnal VISI PTK-PNF-Vol. 1, No. 2, 2008.

Diambil pada tanggal 6 Februari 2019, dari http: http://journal.unj.ac.id/unj/ index.php/jiv/article/view/ 2763/2070.

Syamsudduha, S. (2017). Partisipasi Orangtua dalam Pendidikan Anak di Sekolah pada SDIT Al Fityan Kabupaten Gowa. Dalam Jurnal al- Kalam Vol. IX No. 2. Diambil pada tanggal 28 Maret 2019, dari http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/klmarticle/download/4482/4

Wiratno, B. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Dalam Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26, No. 1, Juni 2016, ISSN: 1412-3835. Diambil pada tanggal 6 Maret 2019, dari http://journals.ums.ac.id/index.php/ jpis/article/view/2062.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i1.19167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia