KEEFEKTIFAN MEDIA DAKON MODIFKASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PASA SISWA TUNANETRA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media dakon modifikasi terhadap
peningkatan hasil belajar matematika siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttes. Subjek penelitian ini
yaitu lima siswa tunanetra kelas V A SLB A Yaketunis Yogyakarta. Metode pengumpulan data
mengunakan tes hasil belajar dan observasi. Hasil tes menunjukkan rata-rata nilai posttest 82,67 lebih
tinggi dari rata-rata nilai pretest 57,33. Hasil observasi proses belajar siswa selama mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan media dakon modifikasi berada dalam kategori baik dan sangat
baik. Analisis menggunakan tes tanda menunjukkan P hitung 0,031 < P (α) 0,05 yang menandakan Ho
ditolak dan Ha diterima;sehingga dapat disimpulkan bahwa media dakon modifikasi efektif terhadap
peningkatan hasil belajar siswa. Analisis menggunakan N-Gain menunjukkan bahwa skor N-Gain
sebesar 0,55 dan berada dalam taraf keefektifan cukup; sehingga dapat dikatakan media dakon
modifikasi memberikan pengaruh yang cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika
siswa tunanetra.
peningkatan hasil belajar matematika siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttes. Subjek penelitian ini
yaitu lima siswa tunanetra kelas V A SLB A Yaketunis Yogyakarta. Metode pengumpulan data
mengunakan tes hasil belajar dan observasi. Hasil tes menunjukkan rata-rata nilai posttest 82,67 lebih
tinggi dari rata-rata nilai pretest 57,33. Hasil observasi proses belajar siswa selama mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan media dakon modifikasi berada dalam kategori baik dan sangat
baik. Analisis menggunakan tes tanda menunjukkan P hitung 0,031 < P (α) 0,05 yang menandakan Ho
ditolak dan Ha diterima;sehingga dapat disimpulkan bahwa media dakon modifikasi efektif terhadap
peningkatan hasil belajar siswa. Analisis menggunakan N-Gain menunjukkan bahwa skor N-Gain
sebesar 0,55 dan berada dalam taraf keefektifan cukup; sehingga dapat dikatakan media dakon
modifikasi memberikan pengaruh yang cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika
siswa tunanetra.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: