PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman dan meningkatkan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas V di SLB Negeri 2 Bantul melalui metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes membaca pemahaman dan observasi aktivitas guru serta aktivitas siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman dapat ditunjukkan dengan siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai bacaan, siswa mampu menceritakan kembali isi teks bacaan yang telah dibaca, dan siswa mampu mengidentifikasi kata yang belum dipahami artinya dan kata benda yang terdapat di dalam bacaan. Adapun peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada hasil pra tindakan adalah 53.3, hasil tes pasca siklus I adalah 75 dan hasil tes siklus II adalah 87.5.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: