EFEKTIVITAS MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENGURANGAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS III SDLB DI SLB B WIYATA DHARMA I TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media sempoa terhadap kemampuan operasi
hitung pengurangan pada siswa tunarungu kelas III SDLB di SLB B Wiyata Dharma I Tempel Sleman
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen yaitu penelitian subjek tunggal
(Single Subject Research) dengan pendekatan kuantitatif. Jenis desain yang digunakan A1-B-A2. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif selanjutnya diperjelas dengan grafik dan tabel.
Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu total dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan
persoalan matematika pengurangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sempoa berpengaruh
pada subjek terhadap peningkatan kemampuan operasi hitung pengurangan. Hal tersebut dibuktikan dari
fase baseline-1 (A) data diperoleh stabil dengan rentang 52,16%-61,16%, dan mean level 56,66. Fase
intervensi (B) menunjukkan data yang stabil dengan rentang 64%-76%, dan mean level 70. Fase baseline-
2 (A2) diperoleh data yang stabil dengan rentang 76,58%-90.08%, dengan mean level 83,33. Peningkatan
mean level dari baseline-1 ke baseline-2 yaitu 56,66% menjadi 83,33%, sehingga terjadi peningkatan
sebesar 26,67%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa media sempoa efektif untuk meningkatkan
kemampuan operasi hitung pengurangan pada subjek siswa tunarungu kelas III SDLB yang berinisial W.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: