ANALISIS KONTEN MENGENAI PERMASALAHAN EMOSI-SOSIAL PADA ANAK GIFTED

Mar'atu Husnia Alfi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini menganalisis permasalahan emosi-sosial anak gifted yang disampaikan oleh orang tua dalam buku Menyongsong Pagi dan Menyiangi Petang. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengidentifikasi dan memberikan gambaran terhadap permasalahan emosi-sosial pada anak gifted berdasarkan pernyataan orang tua dalam buku Menyongsong Pagi dan Menyiangi Petang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode analisis konten. Konten yang dianalisis yaitu permasalahan anak gifted yang disampaikan oleh orang tua yang ditulis dalam buku “Menyongsong Pagi” dan “Menyiangi Petang”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk permasalahan emosi-sosial pada anak gifted dikelompokkan dalam dua bagian yaitu: (1) permasalahan emosi, yang meliputi, sensitivitas yang tinggi, tantrum, perfeksionisme, cemas berlebihan, keras kepala, dan kecenderungan memiliki gangguan psikologis, (2) permasalahan sosial yang meliputi pasif (menarik diri dan kesulitan berinteraksi sosial), aktif (mendominasi lingkungan sosial dan agresif dan impulsif), dan bullying.
Kata kunci: gifted, emosi-sosial, analisis konten


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter