PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT KERAJINAN TANGAN GELANG BAGI SISWA TUNADAKSA KELAS XII DI SLB G DAYA ANANDA

Ranty Ayu Fitria, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran keterampilan vokasional bagi siswa tunadaksa yang dilaksanakan di SLB G Daya Ananda, Sleman Yogyakarta yang dirinci dalam : Komponen pembelajaran dan Model pengembangan keterampilan vokasional yang telah dilaksanakan.Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas atau wali kelas dan siswa tunadaksa di SLB G Daya Ananda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu panduan observasi, pedoman wawancara dan analisis dokumen. Analisa data dilakukan dengan analisis data deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: komponen pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, metode yang digunakan, media yang digunakan, dan evaluasi dalam pembelajaran, langkah pembelajaran meliputi asesmen,orientasi,demonstrasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing,latihan mandiri, materi pembelajaran disesuaikan dengan kondisi yang ada, hambatan pembelajaran berupa kurangnya motivasi dan kondisi fisik yang bervariasi yang diatasi yang diatasi dengan memberikan dukungan moral dan melakukan asesmen; model pengembangan keterampilan vokasional yang mengarah pada pembelajaran keterampilan bagi ABK kategori sedang karena berfokus pada untuk mengembangkan kemampuan akademik yang berada di sekolah khusus/SLB tujuannya untk persiapan masuk dunia kerja.

 

Kata Kunci: pembelajaran vokasional, tunadaksa, SLB G Daya Ananda


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter