PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA ANAK SLOW LEARNER DI KELAS IV SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman menggunakan media video pada anak slow learner kelas IV di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa slow learner kelas IV SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta yang berjumal satu orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media video dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa slow learner kelas IV SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dapat dilihat dari hasil persentase capaian yang diperoleh siswa pada pra tindakan, pasca tindakan I, dan pasca tindakan II. Presentase pencapaian yang diperoleh subjek pada pra tindakan yaitu 50 % dengan kriteria sangat kurang. Presentase pencapaian subjek pada pasca tindakan I meningkat menjadi 55 % dengan kriteria kurang. Presentase pencapaian subjek pada siklus II yaitu 70 % dengan kriteria cukup dan telah mencapai keriteria keberhasilan yang ditentukan. Peningkatan pencapaian subjek mulai dari pra tindakan hingga pasca tindakan II meningkat sebesar 20 %.
Kata kunci: kemampuan membca pemahaman, media video, anak slow learner
Abstract
This study aims to improve the ability of reading comprehension using video media for slow learner in 4th class at elementary school Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansisw Yogyakarta.
This research used classroom action research with the research design of Kemmis and McTaggart consisting of two cycles. The research subjects were slow learner students in 4th class at elementary school Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta amounting to one person. The technique of collecting data uses observation, tests, and documentation. Data analysis is using descriptive quantitative with percentage.
The results of the study show that video media can improve reading comprehension ability in 4th class at elemantary school Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Improved reading comprehension ability can be seen from the results of the percentage of achievements obtained by students in pre-action, post-action I, and post-action II. Percentage of achievement obtained by subjects in pre-action is 50% with very less criteria. Percentage of achievement of subjects in post-action I increased to 55% with less criteria. Percentage of achievement of subjects in the second cycle is 70% with sufficient criteria and has reached the criteria of success determined. Increased achievement of subjects from pre-action to post-action II increased by 20%.
Keywords: ability of reading comprehension, video media, slow learner
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: