PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CORONG BERHITUNG PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLB WIYATADHARMA 1 SLEMAN

Dewi Anggraeni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar operasi
hitung perkalian menggunakan media pembelajaran corong berhitung pada siswa tunarungu kelas dasar
III di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek
dalam penelitian ini adalah empat siswa tunarungu dengan 2 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan awal semua
objek sebesar 52,36 % dengan kriteria kurang, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 64, 50 %
dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 79,46 % dengan kriteria baik dan
telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan.
Kata kunci: operasi hitung perkalian, media corong berhitung, siswa tunarungu

Abstract: This study aims to improve the process and improve learning outcomes of multiplication
operations using learning media counting funnels for deaf students in elementary class III at SLB Wiyata
Dharma 1 Sleman. This type of research uses classroom action research. The subjects in this study were
four deaf students with 2 female students and 2 male students. Data collection techniques use test and
observation techniques. Analysis of the data used is the analysis of quantitative and qualitative data. The
results showed that the average initial ability of all objects was 52.36% with less criteria, then increased
in the first cycle to 64, 50% with sufficient criteria. In the second cycle the average increased to 79.46%
with good criteria and has met the indicator of success of the action.
Keywords: multiplication, counting funnel media, deaf student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter