PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI MENCUCI PAKAIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS TUGAS PADA ANAK AUTIS KELAS IX DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bina diri mencuci pakaian dengan menggunakan metode analisis tugas pada anak autis kelas IX di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa autis kelas IX di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta sejumlah 1 orang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan berkolaborasi dengan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan tes unjuk kerja dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dengan penyajian data berupa tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode analisis tugas dapat meningkatkan kemampuan bina diri mencuci pakaian pada anak autis kelas IX di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Hasil tes kemampuan bina diri sebelum dilakukan tindakan siklus I adalah 57,5% meningkat 10% pasca tindakan siklus I menjadi 67,5%. Setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat 17,5% menjadi 75%. Proses dan hasil belajar bina diri mencuci pakaian anak autis kelas IX di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta dapat meningkat setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode analisis tugas.
Kata kunci: Anak Autis, kemampuan bina diri mencuci pakaian, metode analisis tugas
Abstract
The purpose of this research is to improve the self-care ability washing clothes using task analysis method for child with autism of grade IX at SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. This research is Classroom Action Research (CAR). The subject of this research is the child with autism grade IX at SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta with the amount is 1 student. The research is conducted into 2 cycles in collaborate with the teacher. The data collection is conducted with performance assessment and observation. The data analysis is using descriptive qualitative, quantitative that present the data in tables and graphs. The result of this research shows that task analysis method can be improved the self-care ability washing clothes for child with autism of grade IX at SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. The improving can be seen from the result of self-care test before conducted the first cycle that is from 57.5% increased 10% after the first cycle into 67.5%. After conducted the second cycles increased 17,5% into 75%. The process and the result of learning self-care washing clothes for child with autism grade IX at SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta can be improved after being conducted using task analysis method.
Keywords: child with autism, self-care ability washing clothes, and task analysis method.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: