PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB G DAYA ANANDA

Nur Istiqomah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni tari, berkaitan dengan metode, pendekatan, dan strategi pembelajaran pada siswa cerebral palsy di SLB G Daya Ananda. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan sumber. Subjek penelitian adalah guru tari yang mengajar dan dua siswa cerebral palsy yang mengikuti pembelajaran seni tari di SLB G Daya Ananda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran seni tari bertujuan agar anak cerebral palsy memiliki keterampilan menari, serta dapat dipentaskan dan sebagai wadah untuk menyalurkan apresiasi dan aktualisasi diri. Pembelajaran seni tari dalam penelitian ini menggunakan pendekatan individu, serta metode demonstrasi, praktik, dan diskusi dalam pelaksanaan pembelajaran seni tari. Latihan gerakan sebuah tarian dilakukan dengan mempelajari satu persatu gerakan sehingga menjadi satu kesatuan utuh tarian.
Kata kunci: Pelaksanaan pembelajaran seni tari, siswa cerebral palsy.
Abstract The aim of this study was to describe the implementation of dance learning, related to methods, approaches, and learning strategies in cerebral palsy students at SLB Daya Ananda. The study was conducted with a qualitative approach and used descriptive research types. Examination of the validity of the data in this study uses technical triangulation. Data collection in research uses observation, interview and documentation techniques. The research subjects were dance teachers who taught and two cerebral palsy students who attended dance learning at SLB Daya Ananda. The results of the study show that the implementation of dance learning aims to give some skill’s dancing to children with cerebral palsy, and can be staged and as a place to channel appreciation and self-actualization. Learning strategies used an individual approach, as well as demonstration methods, practices, and discussions in the implementation of dance learning. A dance movement exercise is carried out by studying each movement so that it becomes a whole unit of dance.
Keywords: Implementation of dance learning, students of cerebral palsy


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter