PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD NEGERI JARAKAN

Diana Sulastry Bethan, Fakultas Ilmu Pendidikan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui permainan kartu soal di kelas III C SD Negeri Jarakan, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III C yang berjumlah 28 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas III C SD Negeri Jarakan. Pada pra siklus ada 2 siswa (7%) yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 20,31, pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa (39%) yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 55,53 dan pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (75%) yang berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata 78,2. Hal itu didukung oleh peningkatan aktivitas guru dari 83% pada siklus I menjadi 92%.

Kata kunci :permainan kartu soal, hasil belajar matematika.

Abstract

The aim of this research was to get the result learning of math at class III-C in SD Negeri Jarakan, Sewon, Bantul, Yogyakarta. This research was class action research. The subject of this research were 28 students. The technical of collecting data were test and observation. The technical of data analysis used qualitative and quantitative. The resultĀ  showed that the using of question tag cards for students, can get the result learning of math at class III-C. On pra-cycle, there were 2 students (7%) who reaches the minimal criteria of completeness with averege 20,31. On first-cycle, there were 11 students (39%) who reached the minimal criteria of completeness with average 55,53. Then, on second-cycle more than 21 students (75%) reaches more in the minimal criteria of completeness with average 78,2. These supporting by some positive things, such as; the progress in teaching learning process on first-cycle (83% - 92%).

Key words : The using of question tag cards, the result learning of math.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.