IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SD N MARGOMULYO 1

Gizela Sovi Utami, Fakultas Ilmu Pendidikan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi metode pembiasaan untuk mengembangkan karakter disiplin di kelas V SD N Margomulyo 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan cross check. Implementasi metode pembiasaan untuk mengembangkan karakter disiplin dilakukan secara konsisten oleh guru kelas V. Guru mengimplementasikan metode pembiasaan untuk mengembangkan karakter disiplin melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan maupun kegiatan dengan keteladanan baik di dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Kegiatan rutin yang dilakukan seperti pembiasaan memulai dan mengakhiri kegiatan belajar dengan berdoa. Kegiatan spontan yang dilakukan seperti pembiasaan mengacungkan jari dahulu ketika bertanya maupun menjawab pertanyaan. Selanjutnya, kegiatan dengan keteladanan seperti pembiasaan dalam sopan santun. 

Kata kunci: metode pembiasaan, karakter disiplin

Abstract

This research aimed to describe the implementation of habitual method to develope self-decipline character in 5th grade of SD N Margomulyo 1. It used a descriptive research with qualitative approach. The colleting data technique was done by using observation, interview, and documentation. Data analysis in this research used Miles and Huberman’s model. The data analysis technique was done by data reduction, data display, and conclusion. The validity test technique was done by source triangulation, technique triangulation, and cross check. The implementation of habitual method to developing the discipline character was done consistent by 5th grade’s teacher. Teacher was implemented the habitual method to develop discipline character through routine activities, spontan activities, or activities with good exemple in learning process as well as out of learning process. The routine activities was done by lifting a finger when asking a question or answering the question. Then, activities with good exemple such as conditioning in good manners.

Keywords: habitual method, discipline character


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.