PENGARUH PENGGUNAAN CLASSROOM READING PROGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan classroom reading program terhadap hasil belajar siswa kelas V SD 2 Karangduwur Wonosobo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 12 siswa. Jenis penelitian adalah pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisi data yang digunakan yaitu mean dan uji paried t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan classroom reading program terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD 2 Karangduwur, yaitu dengan diadakan perpustakaan kecil didalam kelas. Hal ini ditunjukan dari perbandingan nilai mean pretest dan mean posttest, dimana nilai mean posttest lebih besar dari nilai mean pretest (85,16>72,41) dengan selisih skor 12,76.
Kata kunci: Classroom reading program, keterampilan menulis karangan narasi, SD.
Abstract
The research aims at determine the effect use classroom reading program on students learning skill of V grade SD 2 Karangduwur Wonosobo. The research population were 12 students of grade V. The research type was pre experiment research. The research design was one group pretest and posttest. The instrument research used test. And that data analysis technique used mean and paried t test. The research result shows that the effect of classroom reading program on learning narrative writing essay skills of grade V SD 2 Karangduwur is to be held a small liberary in the classroom. It can be seen from the comparison of the mean pretest and posttest, where the mean posttest is greater than mean posstest (85,16>72,41) and there is a differences between score 12,76 both of them.
Keywords: Classroom reading program, narrative essay writing skills, SD.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.