PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IVA SD Negeri Brosot dengan penerapan model Quantum Teaching. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang memiliki 3 tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan dan pengamatan (acting & observing) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Brosot yang berjumlah 32 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IVA SD Negeri Brosot melalui penerapan model Quantum Teaching terlaksana dengan baik melalui tahapan : (a) Tumbuhkan, (b) Alami, (c) Namai, (d) Demonstrasikan, (e) Ulangi dan (f) Rayakan. Pada pratindakan, ada 3 siswa (10%) yang memperoleh nilai ≥75. Pada siklus I sebanyak 12 siswa (36%) telah memperoleh nilai ≥75. Pada siklus II sebanyak 25 siswa (85%) telah memperoleh nilai ≥75. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebelum tindakan sebesar 62,45, meningkat menjadi 73,15 pada siklus I, dan meningkat menjadi 81,28 pada akhir siklus II. Sehingga proses pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching berhasil.
Kata kunci: keterampilan menulis, model Quantum Teaching
Abstract
This study aims at improving essay writing skills description IVA grade students of SD N Brosot with the application of Quantum Teaching. This type of research was a classroom action research used model Kemmis and Taggart who has three stages: planning, actions and observations and reflection. This research subject was class IVA Elementary School Brosot totaling 32 students. In collecting the data, the researchers used a technique tests, observation and documentation. Data analysis technique of this research was the description of quantitative and qualitative descriptions. The result shows that an increase in writing skills essay description graders IVA Elementary School Brosot through the application of the model Quantum Teaching performing well through the following steps: (a) Grow, (b) Natural, (c) Name, (d) Demonstrate, (e) repeat and (f) Celebrate. In pre-action, there are 3 students (10%) who scored ≥75. In the first cycle were 12 students (36%) have gained value ≥75. In the second cycle of 25 students (85%) have gained value ≥75. The average value of the initial conditions before the action amounted to 62.45, increasing to 73.15 in the first cycle, and increased to 81.28 at the end of the second cycle. So that the learning process using the successful model of Quantum Teaching.
Keywords: writing skills, Quantum Teaching modelFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.