PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V

Muhammad Taufik Fathurrohman,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa skala dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri se-gugus Jendral Sudirman Kecamatan Sempor, Kebumen yang diambil secara proportional random sampling dengan jumlah 120 siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan persamaan garis regresi
Y=44,02+0,05X+0,42Z, nilai F hitung > F tabel (88,31 > 3,92) dan nilai T hitung sebesar > T tabel (4,00 > 1,98). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar sebesar 60% dengan sumbangan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar sebesar 0,35 dan sumbangan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar sebesar 0,42.

Kata kunci: perhatian orang tua, prestasi belajar, motivasi belajar.

 

Abstract

This research is to find out influence of parents attention againt student achievement through student motivation. This type of research was ex-post facto using quantitative approach. Instruments were used are scale
and documentation. The research subject were 120 student class V SD Negeri se-gugus Jendral Sudirman Kecamatan Sempor, Kebumen drawn by proportional random sampling. The research was analyzed by path analysis. The results show that parents attention has positve effect on student achievement through student motivation with regression line
equation Y=44,02+0,05X+0,42Z, Fcount > Ftable (88,31 > 3,92) and Tcount > Ttable (4,00 > 1,98). The influence of parents' attention againt student achievement through student motivation by 60% with contribution of parents’ attention to student motivation by 0,35 and contribution of student motivation to student achievement by 0,42.

Keywords: parents attention, student achievement, student motivation.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.