PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS III B SD SAWIT
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas III B SD Negeri Sawit, Bantul, Yogyakarta dengan Penggunaan lingkungansebagai sumber belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar yang digunakan dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IIIB SD N Sawit Bantul. Hal ini ditunjukan dengan subyek penelitian aktif dan antusiasi dalam mengikuti pembelajaran IPS. Motivasi siswa dapat dilihat melalui hasil angket pra tindakan yang menunjukan pada kategori cukup. Setelah menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada siklus I indikator motivasi belajar IPS yang tercapai kategori tinggi, setelah melaksanakan siklus II semuaindikator motivasi belajar dapat tercapai dalam kategori sangat tinggi.
Kata kunci: motivasi belajar IPS, penggunaanlingkungan
Abstract
This study aims to improve the social studies learning motivation of grade IIIB students of public elementary school, Bantul, Yogyakarta, through the use of the environment as a learning resource. This data were collected through questionnaires and observations.The result of the study shows that the use of the environment as a learning resource was capable of improving the social studies learning motivation or grade IIIB students of public elementary school of Sawit, Bantul. This is indicated by the fact that the research subjects were active and enthusiastic in attending social studies learning. The students’ motivation could be seen in the results of the questionnaire in the pre-action, showing that it was moderate. Through the use of the environment as a learning resource in cycles I, the indicators of the social studiens learning motivation attained were high. In Cycle II, all the indicators of the learning motivation attained were very hing.
Keywords: Social studies learning motivation, use of the environment.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.