PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS VA SDN 1 BLUNYAHAN

Marlin Lika Inga,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa khususnya dalam proses pembelajaran PKn kelas VA SD Negeri 1 Blunyahan, melalui penerapan cooperative learning tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif yaitu dengan mencari kriteria peningkatan keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VA SD Negeri 1 Blunyahan. Proses peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu: 1) Siswa berpartisipasi (kerja sama/diskusi) dalam kelompok, 2) Siswa menyanggah/respon balik antar siswa/guru, 3) Siswa bertanya terhadap guru, teman kelompok atau kelompok lain terkait materi yang siswa belum mengerti, 4) Siswa aktif dalam menyampaikan pendapatnya terkait materi/terlibat dalam pemecahan  masalah. Pada pra-siklus, indikator keberhasilan yang diperoleh siswa sebesar 21%. Pada siklus I meningkat menjadi 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 79% berkategori baik.

Kata kunci: Keaktifan siswa, Pendekatan cooperative learning tipe jigsaw, Siswa SD

 

Abstract

This study aims to improve the students’ activeness, especially in the Civic Education learning process in Grade VA of SD Negeri 1 Blunyahan, through the implementation of the cooperative learning of the jigsaw type. The data analysis technique was the qualitative technique by finding out the criteria for the improvement of the students’ activeness. The results of the study show that the cooperative learning approach of the jigsaw type is capable of improving the activeness of Grade VA students of SD Negeri 1 Blunyahan. The process of the improvement of the students’ activeness through the cooperative learning of the jigsaw type was as follows. 1) The students actively participated in groups (cooperation/discussions). 2) They gave arguments/responses to their friends/teacher. 3) They asked their teacher and friends in one group or other groups questions about the materials they did not understand. 4) They actively expressed their opinions about the materials or were involved in problem solving. In the pre-cycle, the indicator of the students’ success was 21%. In Cycle I it improved to 58% and in Cycle II it improved to 79%, which was good.

Keywords:  students’  activeness,  cooperative  learning  approach  of  jigsaw  type,  ES students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.