PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN (MIND MAPPING) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan peta konsep (Mind Mapping) pada kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan subjek penelitian yaitu siswa-siswi kelas V SD yang berjumlah 33 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS siswa menggunakan Mind Mapping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD. Hal itu dapat dilihat pada KKM pra siklus ada 15 (45%) siswa, pada siklus I ada 17 (51%) siswa dan pada siklus II ada 26 (79%) siswa.
Kata Kunci: Hasil belajar, Peta Konsep (Mind Mapping), IPS
Abstract
This study aims to improve students’ Social Studies learning achievement in Grade V of SD. This was a classroom action research (CAR) study) using Kemmis and McTaggart’s model, involving the research subjects who were Grade V students of SD, with a total of 33 students. The research object was the improvement of the students’ Social Studies learning achievement using Mind Mapping. The data collecting techniques were tests, observations, and documentation. The data analysis techniques were qualitative and quantitative data analysis techniques. The results of the study show that the use of Mind Mapping is capable of improving the Social Studies learning achievement of Grade V students of SD. This is indicated by the Minimum Mastery Criterion (MMC) attainment; in the pre-cycle there were 15 students (45%), in Cycle I there were 17 students (51%), and in Cycle II there were 26 students (79%).
Keywords: Learning Achievement, ,Mind Mapping, Social Studies
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.