PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IIIA SDN JAGERAN SEWON DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IIIA SDN Jageran, Sewon, Bantul, Yogyakarta dalam pembelajaran IPS menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SDN Jageran yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas IIIA SDN Jageran. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IIIA SD Negeri Jageran dalam pembelajaran IPS. Peningkatan ini berupa peningkatan persentase skor motivasi yang diperoleh siswa yaitu pada siklus 1 dari 30 siswa kelas IIIA terdapat 11 orang siswa yang skor motivasinya mencapai kriteria keberhasilan dengan persentase sebesar 36,66%. Pada siklus 2, terjadi peningkatan terhadap skor motivasi yang diperoleh siswa. Dari 30 siswa terdapat 23 orang siswa yang skor motivasinya mencapai kriteria keberhasilan dengan persentase sebesar 85,18%.
Kata kunci: motivasi belajar, media gambar, siswa SD.
Abstract
This study aimed to improve the learning motivation of Grade IIIA students of SDN Jageran, Sewon, Bantul, Yogyakarta, in Social Studies learning by using picture media. This was a classroom action research study. The research subjects were Grade IIIA students of SD Negeri Jageran with a total of 30 students. The research design used Kemmis and McTaggart’s model. The data were collected by questionnaires, observations, and documentation. The data analysis technique was the quantitative technique. The results of the study showed that the use of picture media was capable of improving the learning motivation of Grade IIIA students of SDN Jageran in Social Studies learning. The improvement was indicated by the percentage of the motivation scores attained by the students. In Cycle 1, of 30 students in Grade IIIA, 11 students (36.66%) attained the motivation scores that fulfilled the criterion of the success. In Cycle 2, there was an improvement in the motivation scores attained by the students. Of 30 students, 23 students (85.18%) attained the motivation scores that fulfilled the criterion of the success.
Keywords: learning motivation, picture, ES students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.