PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI MALANGAN

Wahyu Hendrawan,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Quantum Teaching di kelas IV SD Negeri Malangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Malangan dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar dan  hasil belajar siswa. Pada siklus I, capaian aktivitas belajar siswa pada kategori sangat tinggi mencapai 58,34%. Setelah dilakukan perbaikan tindakan di siklus II berupa penambahan lirik lagu, penggunaan pemutar musik dan pengeras suara, serta pemberian reward dan punishment dapat meningkat menjadi 79,16%. Tindakan siklus I juga meningkatkan capaian siswa yang tuntas dari 37,5% menjadi 58,33%. Dari perbaikan tindakan di siklus II berupa pengulangan materi dalam bentuk tanya jawab secara lebih merata serta diberikannya lebih banyak kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada yang belum paham, menjadikan capaian siswa yang tuntas kembali meningkat menjadi 75%.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, quantum teaching.

 

Abstract

This research was aimed to improve students’ learning activity and learning achievement on science using Quantum Teaching learning model at 4th grade of SD Negeri Malangan. The research was a collaborative classroom action research. The subject of the research were 24 students of 4th graders in SD Negeri Malangan. The research used observation, test and documentation as the data gathering method. The instrument used in the research were observation sheet and achievement test. In analysing the data, the research used qualitative and quantitative descriptive analysis technique. The results show that Quantum Teaching learning model was able to improve students’ learning activity and learning achievement. In the cycle I, students’ learning activity achieved 58,34% reaching very high category. After doing action improvement in cycle II, which were adding song lyrics, using audio player and speaker, also giving reward and punishment, it could increase into 79,16%. Action on cycle I also increased students’ achievement of passing minimum standard from 37,5% into 58,33%. From the action improvement in cycle II, which were rehearsing the materials in the form of question and answer by involving every student, also giving more chances to students to ask if there is any other questions related to the materials, it increased the percentage of how many students passing the minimum standard into 75%.

Keywords: learning activity, learning achievement, quantum teaching

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.