COOPERATIVE LEARNING TIPE (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS 5
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan. cooperative learning tipe Student team achievement division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Ambartawang, Mungkid, Magelang yang berjumlah 24 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cooperative learning tipe Student team achievement division (STAD) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Batas Kriteria Ketutasan Minimum adalah ≥70 atau dengan ketuntasan belajar ≥90% dari jumlah siswa. Persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 62,5%, Siklus I sebesar 79,17%, dan siklus II sebesar 91,67%.
Kata kunci : prestasi belajar, IPS, cooperative learning tipe student team achievement division (STAD).
Abstract
This research aims at improving the social learning achievement by using cooperative learning tipe student team achievement division (STAD).. The kind of this research was action research by Kemmis and Taggart. The subject of this research was 10 students of 5th grade of SD N Ambartawang, Mungkid, Magelang. To analyse quantitative data was using quantitative descriptive and qualitative descriptive. The result of this research shows that using role playing improve the social learning achievement. The conclusion comes from the data of pre action is 62,5%, cycle I is 79,17% and cycle II is 91,67%. By process the learning quality is good that the responsibility and cooperationaspect improves from pre action, cycle I and cyce II.
Keywords : student achievement, Social Study, cooperative learning type Student team achievement division (STAD)Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.