MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA DEKAK MULTIFUNGSI DI SEKOLAH DASAR

Hardianto Fifko,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran matematika melalui media dekak multifungsi pada siswa kelas IVB SDN Kotagede 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Data awal dari hasil wawancara dengan guru diketahui masih ada beberapa minat siswa yang kurang, pada siklus I minat belajar mencapai kategori baik yaitu 71% dengan rata-rata 49,3 dan pada siklus II minat belajar menjadi kategori baik yaitu 93,5% dengan rata-rata 50. Sedangkan hasil belajar pada pra siklus 54,8% dengan rata-rata 69,1, pada siklus 1 skor belajar menjadi 93,6% dengan rata-rata nilai 89,4 dan pada siklus II skor belajar menjadi 87% dengan rata-rata 92.

Kata kunci: minat belajar matematika, media dekak multifungsi, siswa kelas IV SD

 

Abstract

This research aims at improving the learning interest in mathematical subjects through the medium of multifunctional dekak at grade IVB SDN Kotagede Yogyakarta 1. The type of research was classroom action research. The subject were fourth grade students totally 31 students. The instruments used questioner, observation, and test. The results show an increase in improving mathematic learning interest through dekak multifunction media in elementary school. The early data from the interview result with the teacher was reported that there are still several lacks of students’ interest, in the first cycle the learning interest achieve a good category that is 71% with an average of 49.3 and in the second cycle the learning interest achieve a good category that is 93.5% with an average of 50. Whereas, the learning result in the pre cycle 54.8% with an average of 69.1, in the first cycle the learning score become 93.6% with an average value of 89.4 and in the second cycle the learning score become 87% with an average of 92.

Keywords:  mathematics  learning  interest,  dekak  multifunction  media, grade  IV  elementary  school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.