PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TEROPONG KELAS IV SD

Wahidatul Arifah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan alat peraga teropong di kelas IV SDN Warangan I. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes dengan instrumen penelitian lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 4 siswa atau 26,67%. Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada siklus I yaitu mencapai 8 siswa atau sebesar 53,33% dan kembali meningkat pada siklus II yaitu mencapai 13 siswa atau 86,67%.

Kata Kunci: alat peraga teropong, prestasi belajar matematika, siswa kelas IV


Abstract

This research aims to improve the learning achievement of mathematics using props binoculars of fourth grade students of SDN Warangan I. This type of research was a classroom action research. The subjects were fourth grade students totaling 14 students. Collecting data techniques used observation and test method. Data were analyzed by quantitative and qualitative descriptive. The result of this research in pre-action shows that there is only 4 students that reach the KKM or 26,67%. The amount of students that reach the KKM increase in the first cycle reaching 8 students or 53,33% and increase again in second cycle that reaching 13 students or 86,67%.

Keywords: props binoculars, mathematics learning achievement, fourth grade students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.