PEMBELAJARAN KELOMPOK TIPE NHT PADA PELAJARA MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI BACIRO

Lucia Dewi Kusumawati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan belajar kelompok pada siswa kelas III SD Negeri Baciro Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan belajar kelompok yang digunakan adalah tipe
Numbered-Head Together (NHT). Pada persiapan pembelajaran guru memberi salam, melakukan presensi, menjelaskan tujuan dan materi yang akan dipelajari. Siswa dibagi kedalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, masing-masing siswa dalam kelompok diberi nomor. Pada penyampaian kegiatan, Guru memberikan tugas. Siswa berdiskusi dan memastikan anggota kelompok mengetahui jawaban. Guru melakukan monitoring dengan mendatangi setiap kelompok. Guru memanggil salah satu nomor. Siswa yang dipanggil mempresentasikan hasil diskusi. Guru membahas hasil kerja kelompok. Hasil kerja kelompok diberikan nilai dan kelompok terbaik mendapatkan hadiah. Guru memberikan tugas rumah sebagai penutupan kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Belajar kelompok, Numbered-Head Together (NHT)


Abstract

This research aims to describe the implementation of the group study on the third grade students of SD Negeri Baciro Yogyakarta. This research was a descriptive qualitative. The data collection techniques were observation, interviews, and documentation. The data analysis technique consists of three stages: data redustion, data display and conclusion drawing/verification. Based on the research the implementation of the group study used Numbered Head Together (NHT) type. On the preparation of learning activities the teacher give a greeting, doing students presence, explains the purpose and the topic that will be studied. Students are divided into groups of 4-5, each student in the group is getting numbered. When the delivered of learning activities, the teachers give
some task. Each group have doing discussions and make sure that the member of the group know the answer. The teacher are monitoring by visited each group. The teacher calls the one of group. Students with the number dialed is presented the result of group discussion. The teacher discuss the group's work result. Then the group's work result had given score and the best group get the reward. Teacher give the homework to close learning activities.

Keywords: Learning group, Numbered-Head Together (NHT)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.