UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS III SD

Dwi Saputra,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III A SD Negeri Gedongkiwo pada pokok bahasan pecahan sederhana dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian yakni siswa kelas III A yang terdiri dari 30 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar materi pecahan. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Tehnik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan analisa kualitatif dan analisa deskriptif.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SD Negeri Gedongkiwo. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa sebesar 29,87 (awal 63,52, siklus II 93,39), dan meningkatnya kriteria ketuntasan minilal siswa (KKM) sebesar 51,85% (awal 48,15%, siklus II 100%).

Kata kunci: hasil belajar, materi pecahan, media konkret, siswa SD

Abstract

This research aims to increase the mathematics learning result of class III A of SD Gedongkiwo on the subject of the simple fractions using concrete objects media. The research was a classroom action research. This research subject were 30 students. The object of the research of learning material. Instruments used were test and observation sheets that have been validated by expert. Data analysis used qualitative and descriptive. Result of the research concluded that learning mathematics by using concrete objects media can improve the learning result. This is evidenced by the increasing value of the average student of 29,87 and rising minimum criterion of 51,85%.

Keyword: learning result, material fractions,concrete media, elementary school students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.