UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANGSUNG

Pamungkas Sari Dhian Nurcahyowati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis permulaan dan meningkatkan  hasil kemampuan menulis permulaan menggunakan media objek langsung siswa kelas I SD Negeri Kiyaran 2 Cangkringan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas I dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses  pembelajaran menulis permulaan dapat meningkat. Peningkatan dapat dilihat dari skor observasi aktivitas siswa pada prasiklus yaitu 34,37 meningkat menjadi 55,20 pada siklus I, dan meningkat menjadi 80,20 pada siklus II. Hasil kemampuan menulis permulaan siswa juga meningkat. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan menulis permulaan siswa pada prasiklus yaitu 59,91 meningkat menjadi 68,19 pada siklus I, dan meningkat menjadi 81,81 pada siklus II.

Kata kunci : kemampuan menulis permulaan, media objek langsung, anak SD

Abstract

This research aims to improve the quality of the learning process and improve the results of early writing ability using direct objects media in first grade students SD Negeri Kiyaran 2 Cangkringan Sleman. This was a classroom action research. The subjects were first grade totally 21th   students. The research used Kemmis and Mc Taggart  model. Data analysis used quantitative and qualitative descriptive. The results show that the quality of the learning process can be increased. It can be seen from the student activity observation scores namely 34.37 pre-action increase to 55.20 in the first cycle, and increase to 80.20 in the second cycle. The results of student  early writing ability are also increase. It can be seen from the average value of students' early writing ability at 59.91 pre-action which increase to 68.19 in the first cycle, and increase to 81.81 in the second cycle.
Keyword: early writing ability, direct object media, elementary school students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.