KEEFEKTIFAN VIDEOTHERAPY DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN ANTI-BULLYING PADA SISWA KELAS V

Titi Linasari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk keefektifan penggunaan videotherapy dalam menumbuhkan kesadaran anti-bullying pada siswa kelas V SD Negeri Kepek Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan bentuk intact group comparison. Subjek penelitian ini 28 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan rata-rata hasil skor postest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest dan postest pada kelompok eksperimen adalah 114,21 dan 126,64. Sementara itu, skor rata-rata pretest dan postest kelompok kontrol adalah 114,07 dan 125,50. Berdasarkan perbandingan rata-rata dari hasil postest, dapat diketahui bahwa rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa videotherapy terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran anti-bullying

Kata kunci: kesadaran anti-bullying, videotherapy

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of videotherapy in growing anti-bullying awareness of 5th grade students in  SD Kepek Pengasih Kulon Progo. This research was a pre-experimental intact group comparison type. The subjects of this research were 28th students of 5th grade. Data collection technique in this research used Likert Scale. Data were analyzed using descriptive statistics with compare mean of postest results. The research results show that score pretest and postest mean of experiment group were 114.21 and 126.64. Meanwhile, score pretest and postest mean of control group are 114,07 and 125.50. Based on mean comparasion of postest result, mean of experiment group is bigger than control group. It is conclude that videotherapy grow anti-bullying awareness.

Keywords: anti-bullying awareness, videotherapy

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.