PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SDN PURO PAKUALAMAN

Cahaya Safitri Ningsih,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa melalui penerapan metode eksperimen
pada pembelajaran IPA siswa kelas VI SDN Puro Pakualaman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang
berjumlah 17 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Pelaksanaan
tindakan pada setiap pertemuan dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Data
yang dikumpulkan yaitu skor keterampilan proses siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
melalui observasi dan lembar kerja siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan
lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila sesudah tindakan minimal 80% atau 14 siswa memperoleh skor
keterampilan proses minimal baik atau skor ≥ 11.Peningkatan keterampilan proses siswa ditempuh dengan langkahlangkah
antara lain: (1) Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam eksperimen; (2) Mempersiapkan
lembar kerja siswa; (3) Menjelaskan kepada siswa tujuan eksperimen, supaya memahami masalah yang akan
dibuktikan melalui eksperimen; (4) Membantu, membimbing, dan mengawasi eksperimen yang dilakukan para
siswa. (5) Para siswa membuat kesimpulan dan laporan tentang eksperimennya; (6) Mendiskusikan hambatan dan
hasil eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan
keterampilan proses siswa sebesar 17,5% dari rata-rata skor keterampilan proses siswa kelas VI. Siklus I sebesar
73,5% atau 12 orang mendapat skor minimal baik, pada siklus II menjadi 91% atau 15 orang mendapat skor
minimal baik yaitu skor ≥ 11.
Kata kunci: Metode eksperimen, keterampilan proses
Abstract
The aim of this research is to improve the student process skill through the experiment methode in science
learning student of SD Puro Pakualaman. The type of the research is classroom action research. Research design
used is Kemmis and Taggart model,which consist of 4 step included: plan, act, observe and reflect. The subject of
this research is 17 student of sixth grader. This research is using two cycle, each of cycle has two hours meeting.
The application in each of the lesson used experiment method.The data of this research is science process score.
Observation and worksheet technique is used in this research to colecting the data. The research instrument are
observation sheet and worksheet. This research used descrptive qualitative and quantitative. The indicators of
sucess is using normative criteria, if had already act in 80% or 14 student get score of skill prosess in good or the
score is more than 11. Improving of the student process skill use severals step 1. Preparing the equipment and
material. 2. Preparing the worksheet 3. Explaining the purpose of the experiment. 4. Helping, guiding and seeing 5.
Student makes the conclusion from the experiment. 6. Discussing of the obstalce and result of the experiment. The
result of the research method application to improve the student process skill in 17.5% from the average of sixth
grade student. Cycle I is 73.5% or 12 student get good score, cycle II is 91 % or 15 student gets good score or the
score is more than 11.
Keyword: experiment method and process skill

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.