PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPS MELALUI METODE MIND MAP SISWA KELAS V SD NEGERI JERUKSARI

Yesi Murti Fatmasari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar IPS melalui metode mind map siswa kelas V SD Negeri Jeruksari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar IPS siswa kelas V SD Jeruksari dapat ditingkatkan melalui metode mind map. Presentase jumlah siswa yang berhasil mencapai indikator keberhasilan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 10%, siklus I pertemuan 2 menjadi 45%. Siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 70%, kemudian siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 100%.

Kata kunci: metode mind map, kreativitas belajar siswa, IPS

Abstract

This research aims at improving social studies learning creativity through the mind map method of fifth grade students of SD Negeri Jeruksari. This research was a collaboration classroom action research. The subjects were fifth grade students totaling 20 students. Data collection technique used observation. Data were analyzed by qualitative and quantitative descriptive. The results show that social studies learning creativity fifth grade SD Jeruksari can be enhanced through the mind map method. Percentage of the number of students who achieve success indicator in first cycle first meeting by 10%, the first cycle of second meetings 45%. Second cycle first
meeting increase to 70%, then the second cycle second meeting increase to 100%.

Keywords: mind map methods, students learning creativity, social studies


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.