ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD N BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 13 siswa yang diambil secara purposive sampling. Metode yang digunakan dalam
mengumpulkan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes terstandar yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi siswa dalam
membaca permulaan adalah kesulitan dalam membaca kata yang tidak mempunyai arti dengan skor 16%. Kesulitan membaca permulaan selanjutnya yaitu pada aspek kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan dengan skor 27%. Kesulitan lain yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam membaca kata
yaitu sebesar 33%. Lalu kesulitan pada aspek mengenal huruf dengan skor 51%. Dan yang terakhir kesulitan dalam menyimak atau pemahaman mendengar yaitu sebesar 79%. Karakteristik kesulitan membaca permulaan siswa yaitu: kesulitan mengidentifikasi huruf dan merangkai susunan huruf, membalik huruf, mengubah kata, menghilangkan huruf dalam susunan kata, mengucapkan kata salah, mengeja terbata-bata, kurang memperhatikan tanda baca tidak memahami isi bacaan, dan sulit konsentrasi.
Kata Kunci: kesulitan, membaca permulaan, siswa sekolah dasar
Abstract
This research aims at analyzing the difficulty of early grade reading of first grade elementary school students in Bangunrejo 2nd elementary school of Kricak Tegalrejo Yogyakarta. This research was quantitative descriptive research. The research samples were 13 students taken in purposive sampling. The methods used in collecting data was a test, observation and documentation. The instrument of this research using the standard test, which tested the validity and reliability. The data analysis technique used a nonstatistic analysis. The result shows that the highest aspect students in reading difficulty is the difficulty in reading words that have no meaning with a score of 16%. The early reading difficulty of the next on the fluency of reading aloud and reading comprehension with a score of 27%. Other difficulties experienced by learners is the difficulty in reading the word i.e. by 33%. Then the difficulty aspects in identification letter with a score of 51%. And the last difficulty in listening or understanding to hear i.e. amounting to 79%. The characteristics of students with early reading difficulty are: the difficulty of identifying letters and arranging the order of the letters, the letters flipping, turning words, remove the letters in the order of words, pronounce the Word incorrectly, spell a stammering, little regard for punctuation, do not understand the content of the readings, and difficulty in concentration.
Keywords: dificulty, early reading, elementary school students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.