HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD SE GUGUS TAMBAKROMO KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2015/2016

Galih Probo Julianto,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan
membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa SD kelas V se gugus di Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan mengambil sampel sebanyak 85 siswa.
Instrumen yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa pada SD kelas V se gugus di Kecamatan
Tambakromo, Kabupaten Pati. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel membaca pemahaman dengan variabel prestasi belajar IPS.

Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, prestasi belajar IPS, SD.

Abstract

This research aims at determining the correlation between comprehention reading and social studies learning achievement of fifth-grade elementary school students at Tambakromo, Pati schoolyear 2016/2016. This research was quantitative research with correlational study design. This research was populational research which taking sample of 85 students. Instruments used tests and documentations. Data analysis technique used product moment correlations. The research result show that there is a significant positive correlation between comprehention reading and social studies learning achievement of fifth-grade elemntary school students at Tambakromo, Pati. So it can be concluded that there is a significant positive correlations between two variable, comprehention reading and social studies learning achievement.

Keyword : comprehensive reading competence, social science learning achievement, elementary school.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.