HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS III SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Negeri se-UPT wilayah Timur Yogyakarta dilihat dari sudut pandang guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di 24 SD Negeri se-UPT wilayah Timur Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah guru kelas III sebanyak 35 dan siswa kelas III
sebanyak 276 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji realibitas sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar dan hasil belajar IPA berada dalam kategori sedang dengan perolehan presentase terbesar dibandingkan kategori lainnya, serta hasil perhitungan menggunakan SPSS 16 diperoleh hasil bahwa rhitung (sudut
pandang guru) = 0.689, rhitung (sudut pandang siswa) = 0.320, dan p = 0.000. Karena keduanya memperoleh hasil rhitung lebih besar dari rtabel dan probabilitas keduanya kurang dari 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho)
ditolak. Sehingga terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Negeri se-UPT wilayah Timur Yogyakarta.
Kata kunci: kreativitas guru, mengajar, hasil belajar, IPA
Abstract
This research aims at finding the correlation between teachers’ creativity in teaching and science learning achievement of the third grade students in the elementary schools in the technical implementation unit (UPT) of eastern Yogyakarta seen from the teachers’ and the students’ perspective. This research was a correlational research with a quantitative approach. It was conducted in 24 elementary schools in eastern Yogyakarta. The samples of the research were 35 teachers who taught third graders and 276 third graders. The instruments of the research were questionnaires and documentation. The test of the instruments used validity test and reliability test and the analysis of the data used Pearson product moment correlation. The result of this research shows that teachers’ creativity in teaching and science learning achievement is in medium category with the greatest percentage than the others. Using SPSS 16, the result shows that rhitung (teachers’ view) = 0.689, rhitung (students’ view) = 0.320 and p = 0.000. Because the rhitung of both of them are greater than rtable and the probability of both is less than 0.05, so the alternative hypothesis (Ha) is accepted. So that there is a positive and significant correlation between teachers’ creativity in teaching and science learning achievement of the third grade students in the elementary schools in the technical implementation unit (UPT) of eastern Yogyakarta.
Keywords: teachers’ creativity, teaching, learning achievement, science
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.