HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IV SD

Dian Ambarwati,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan interaksi sosial siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 155 siswa yang diambil secara propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala dengan 4 alternatif jawaban. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sehingga diperoleh 27 butir valid dari 37 butir variabel konsep diri yang reliabilitasnya 0,907 dan 21 butir dari 29 butir variabel interaksi sosial dengan reliabilitas 0,869. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan interaksi sosial siswa kelas IV SD Negeri. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,383 dan signifikansi 0,00 kurang dari 0,05.

Kata Kunci: konsep diri, interaksi sosial

Abstract

The purpose of the research is to determine the relationship of self concept and social interaction 4th grade students. This was correlational research with quantitative approach. The research samples were 155 students taken by proportional random sampling. The instrument was scale form with 4 alternative respons. Test instrument used validity and reliability test, so that there are 27 valid items of 37 items variable self concept was reliability 0.907 and 21 items of 29 items of variable social interaction with reliability 0.869. Data analysis technique was product moment corelation. The result of this research show there is relationship between self-concept and social interactions of  4th  grade elementary school students. This is indicated by a correlation coefficient of 0.383 and significance 0.00 less than 0.05.

Keywords: self concept, social interaction


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.