IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SISWA MALAS BELAJAR PADA KELAS V

Megayanti Megayanti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa malas belajar pada kelas V SD Negeri Kepek tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor intrinsik penyebab siswa malas belajar meliputi kurangnya motivasi dalam diri siswa, pola makan yang kurang baik, suasana hati siswa yang buruk, minat terhadap mata pelajaran tertentu, dan bakat yang dimiliki siswa. Faktor ekstrinsik meliputi sikap orang tua yang kurang memberikan dukungan, sikap guru dalam mengajar, suasana belajar yang tidak kondusif,dan  sarana belajar dirumah yang kurang memadai.

Kata kunci: malas belajar, siswa kelas V

Abstract

This research aims at describing the laziness causes of 5th grade student at SD N Kepek in 2015/2016 academic year. This research used qualitative approach with case study type. The data collection techniques used observation, interviews, and documentary study. The data analysis included data reduction, display data and conclution drawing. The data validation used source triangulation.The result of this research shows that intrinsic factors cause laziness are lack of motivation, dietary habit, bad mood, interest in certain subject and talents. Extrinsic factors include the attitudes of parents who lack support to their children, the attitude of the teacher in teaching, the atmosphere of learning is not condusive and less of the facilities to learning in the student’s house.

Key words: lazy students learning, fifth grade students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.