MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN ROLE REVERSAL QUESTION SISWA KELAS V SDN MINOMARTANI 6

Marsiyanti Indriani,

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question pada siswa kelas V SDN Minomartani 6 Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Minomartani 6 Sleman Yogyakarta yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD N Minomartani 6 Sleman Yogyakarta setelah menggunakan model active learning tipe role reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥70 mengalami peningkatan sebesar 25% dengan kondisi awal 44% meningkat menjadi 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 97%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,75% dengan kondisi awal 66,53 meningkat menjadi 75,27 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,97% menjadi 86,25. Kata kunci: hasil belajar, PKn, model active learning tipe role reversal question Abstract This research is aimed to describe improvement learning outcome of civic education by using active learning model type role reversal question of fifth grade students of SD N Minomartani 6 Sleman Yogyakarta. The type of this research is action research method. The subject of this research were students of fifth grade of SDN Minomartani 6 Sleman Yogyakarta with total number of students 36. The collecting data method that is used in this research are test, observation and documentation. The instruments research are tests and observation sheet. The data analysis that is used is descriptive quantitative and qualitative. And the succes indicator of this action is when ≥75% of students that participated in the learning process are scored ≥70. The result of the research shows that there is improvement learning outcome of civic education of fifth grade students of SD N Minomartani 6 Sleman after they’re using active learning model type role reversal question in the cycle I or cycle II. In the cycle I students that scored ≥70 improved by 25% from 44% to 69% and in the cycle II improved by 28% to 97%. The scores average of cycle I have improved 8,75% from 66,53 to 75,27 and in the cycle II have improved 10,97% to 86,25. Keywords: learning outcome, civic education, active learning model type role reversal question

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.