PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI KOGNITIF IPA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE KELAS V SDN PODOSOKO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi kognitif IPA melalui model Learning Cycle pada siswa kelas V SDN Podosoko 1 Sawangan Magelang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model Learning Cycle dapat digunakan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan prestasi kognitif IPA pada siswa kelas V. Pada pra tindakan jumlah siswa yang mendapat skor minat dengan kategori tinggi adalah 3 anak atau 12,5%. Kemudian meningkat pada siklus I menjadi 10 anak
atau 41,67%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 anak atau 70,83%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan adalah 59,79 meningkat menjadi 71,46 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 82.08 pada siklus II.
Kata kunci: minat, prestasi kognitif IPA, model Learning Cycle
Abstract
This research aims at improving the learning interest and cognitive achievement of science through Learning Cycle Model at fifth grade students of SDN Podosoko 1 Magelang. The research subject were 24 students. This research type used Kemmis and Mc. Taggart’s design of Classroom Action Research. The data collection techniques were observation, questionnaire and test. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive. The research result show that the use of Learning Cycle model aids improve learning interest and cognitive achievement of science at fifth grade students. The number of students who get interest score with high category at the pre cycle was 3 students or 12,5% then increase to 10 students or 41,67 % in cycle I and then increase to 17 students or 70,83% in cycle II. The average of the learning output improve from 59,79 to 71,46 in cycle I and increase to 82,08 in cycle II.
Keyword: learning interest, cognitive achievement, Learning Cycle model
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.