PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR DI KELAS I SD NEGERI KARANGGAYAM TAHUN AJARAN 2015/ 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan belajar di kelas I SD Negeri Karanggayam tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek guru kelas I. Pengumpulan data, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas I telah melaksanakan bimbingan belajar. Upaya yang telah dilasanakan yaitu pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, menumbuhkan disipilin belajar yang terlatih, dan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai tambahan pengetahuan, keterampilan dan pengembangan diri. Dalam upaya menumbuhkan disiplin belajar yang terlatih terdapat satu aspek yang belum optimal yaitu berkolaborasi dengan guru mata pelajaran.
Kata kunci: bimbingan belajar
Abstract
This research purposed to describe the implementation guidance study at the first grade in elementary SD N Karanggayam academic year 2015/ 2016. The research used a qualitative descriptive, the object of first grade teacher. To collecting data, the research used observation method, interview, and documentation. Data analysis techniques used an interactive model of Miles and Huberman by reduction, displaying and conclusion. To test the validity of the data, the research used triangulation technique and member check. The result shows that first grade teachert has implemented guidance study. Efforts that have been implemented, namely the development of attitudes and good study habits, foster learning discipline trained, and utilization of the environment in addition to the knowladge, skills, and personal development of studients. In effort of developing trained learning discipline, there is one aspect that’s not yet optimalized;collaborating with the subject’s teacher.
Keywords: guidance study
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.