PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANGJATI DENGAN STRATEGI 3M (MENIRU, MENGOLAH, MENGEMBANGKAN)
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses menulis cerita pendek siswa Kelas VI SD Negeri Karangjati dengan strategi 3M (meniru-mengolah-mengembangkan). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Karangjati yang berjumlah 25 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan proses menulis cerita pendek dengan strategi 3M (meniru-mengolah-mengembangkan). Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi 3M (meniru, mengolah, mengembangkan) mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam mencari ide untuk dibuat cerita pendek karena mudah digunakan siswa. Sejak dilakukan kegiatan dari pratindakan hingga akhir siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan sebanyak 22,3%. Dengan peningkatan hasil belajar tersebut seluruh siswa kelas VI SD Negeri Karangjati telah mencapai KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi 3M (meniru, mengolah, mengembangkan) dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas VI SD Negeri Karangjati.
Kata kunci: keterampilan menulis, cerita pendek, strategi 3M
Abstract
The aim of this reasearch was to increased writing short story skills of student’s grade VI Karangjati elementary school with 3m strategy (mimic-process-developing). This research is classroom action research model with continuous repeating cycle. The subjects were students grade VI of Karangjati Elementary School totaling 25 students. The object of this research is to improve the process of writing short story skill by 3M strategy (mimic-process-developing). The instruments used were observation, interview and test. This study uses qualitative and quantitative analysis. The results showed that the strategy of 3M (mimic, process, develop) can increase student's skills in developing of ideas to make a short story because it is easy to use by students. Since carried out activities before action until the end of the second cycle, the average percentage of total score increased as much as 22.3%. With the increased of learning outcomes across VI graders Karangjati Elementary School, all students has reached minimum competence criteria. It can be concluded that 3M strategy (mimic, process, develop) can increased the writing short story skills of students grade VI Karangjati elementary school.
Keywords: writing, short stories, 3M strategy
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.