PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA

Nurulita Normawati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala dan kelebihan pemanfaatan komputer dalam pembelajaran di SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan oleh guru kelas dengan membuat RPP menggunakan pedoman KTSP. Mayoritas guru tidak menuliskan pemanfaatan komputer pada komponen RPP. Pemanfaatan komputer di kelas sebagai media dan di laboratorium komputer sebagai media dan sumber belajar. Evaluasi pembelajaran dilakukan di kelas dan laboratorium komputer berupa evaluasi pengamatan sikap selama pembelajaran dan hasil belajar di akhir pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran meliputi kendala dari segi siswa, sarana-prasarana, dan evaluasi pembelajaran. Kelebihan memanfaatkan komputer dalam pembelajaran meliputi kelebihan dari segi siswa dan guru.

Kata kunci: pemanfaatan komputer, pembelajaran

Abstract

This research aims to describe the planning, realizing, evaluating, obstacles, and advantages of computer utilization for learning in Yogyakarta, Tukangan Elementary School. This research was a descriptive qualitative research. The subjects of this research were the headmaster, the teachers, and the students. The data was collected by observation, interview, and documentation. Data analysis step used data reduction, data display, and conclusion. The validity check technique used triangulation technique and member check. The result of this research shows that the planning is class teachers make a lesson plan used KTSP for orientation. Most of teachers are not involve the computer utilization on lesson plan’s components. Computer is used in the class as the media and in the computer laboratory as the media and study resource. The learning evaluation does in the class  and computer laboratory that are the  affective evaluation during lesson and  cognitive evaluation in the end of lesson. The obstacles that dealed by teachers are the students’s obstacle, infrastructures, and learning evaluation. The advantages of computer utilization for learning are advantages for the students and the teachers.

Key word: computer utilization, learning

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.